Social Icons

Selasa, 16 Oktober 2012

Kehebatan Bangun Pagi



"Jangan bangun siang, nanti rezeki kamu diambil ayam yang berkokok!"

Kalimat tersebut mungkin pernah Anda dengar dari bibir ibu atau nenek Anda dengan tujuan agar Anda selalu bangun pagi. Di Indonesia, bangun pagi (bahkan subuh) adalah hal yang dianggap sangat baik. Seseorang yang selalu bangun pagi pasti mendapat julukan rajin dan mudah mendapat rejeki. Tahukah Anda, sebuah penelitian membuktikan kehebatan bangun pagi.

Segudang Manfaat Bangun Pagi

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Toronto di Kanada mencari tahu siapa yang lebih bahagia, mereka yang suka tidur terlambat dan bangun siang atau mereka yang tidur tepat waktu dan bangun pagi. Penelitian ini dilakukan pada 435 sukarelawan usia produktif 17 - 38 tahun, dan 300 relawan berusia 59 - 79 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa relawan yang sering terlambat tidur dan bangun siang sering melewati hari-harinya dengan emosi yang buruk, sulit beradaptasi dengan lingkungan dan satu hari terasa sangat menyiksa mereka.

Bagi mereka yang dalam usia produktif dan sering bangun pagi, inilah manfaatnya berdasarkan hasil penelitian:
  • Lebih bahagia dan gembira menikmati hidup
  • Lebih tenang
  • Memiliki emosi yang baik sepanjang hari
  • Lebih mudah beradaptasi saat bekerja
  • Fungsi kekebalan tubuh lebih baik
  • Lebih sehat daripada yang sering bangun siang
  • Berat badan terjaga
Sedangkan untuk mereka dalam usia 59 - 79 tahun, bangun pagi membuat para relawan merasa lebih muda, lebih kuat dari relawan muda yang tetap berada di tempat tidur hingga siang hari. Menakjubkan bukan?
Mulai sekarang, jangan lagi mengomel jika ada yang memberi saran agar Anda selalu bangun pagi. Segera lawan kantuk, hawa dingin dan keinginan untuk kembali tidur dengan mengingat manfaat yang bisa didapat tubuh Anda.

Ayo, sahabat bangun pagi! :)

Tidak ada komentar:

SIAPA PELATIH SRIWIJAYA FC ?