Social Icons

Selasa, 16 Oktober 2012

Penyebab Orang Menderita Kanker



Kanker termasuk penyakit yang menakutkan dan merupakan momok bagi banyak orang setelah penyakit jantung. Bagaimana tidak, sudah banyak nyawa lepas akibat penyakit yang dapat menyerang siapa saja ini. Apa sih kanker itu? Bagaimana penyakit ini bisa tumbuh dan berkembang di dalam tubuh kita? Dan, apa pula penyebabnya? Bisakah kita menghindarinya? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini.

Gen akan bekerja dengan baik jika tubuh dalam keadaan sehat. Gen ini bertugas mengatur pembelahan sel di dalam tubuh dan memastikan bahwa setiap sel baru adalah replikasi induknya. Sel baru akan menggantikan sel yang mati atau rusak. Jika terjadi ketidaknormalan pada waktu proses pembelahan dan pembaharuan sel, maka akan terbentuk sel abnormal berupa benjolan yang disebut tumor. 

Pada waktu sel abnormal ini tumbuh, pembuluh darah dengan sendirinya akan memberikan pasokan gizi kepada tumor. Akibatnya, tumor tumbuh makin subur. Lama kelamaan tumor akan merajalela dengan cara menyerang jaringan yang sehat dan menyebar yang disebut tumor ganas atau kanker.Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan sel abnormal di dalam tubuh, diantaranya adalah:

Faktor genetik 

Seseorang yang memiliki riwayat (keturunan) penyakit kanker mempunyai risiko lebih besar terkena penyakit ini, dibanding seseorang yang tidak memiliki riwayat.

Faktor kekebalan (imunistas) 

Di dalam tubuh yang sehat sistem kekebalannya mampu mengenali sel asing dan memusnahkannya. Tetapi jika sistem imunitas di dalam tubuh memiliki masalah, maka akan mempengaruhi pengenalan terhadap sel asing, sehingga sel tumor akan berkembang dan tumbuh dengan bebas.

Faktor makanan 

Menurut penelitian, 80-90% penyebab berbagai kanker berkaitan dengan makanan. Beberapa makanan jika dikonsumsi secara berlebih dapat menjadi pencetus munculnya sel kanker. Misalnya, makanan yang diasap, makanan yang diasinkan atau diacar, makanan yang diawetkan, dan makanan yang banyak mengandung bahan-bahan kimia lainnya (zat pewarna dan perasa buatan).

Agar lebih rinci lagi, lihat tabel di bawah ini:

Jenis Kanker
Faktor Penyebab
Proteksi
Kanker lambung
Terlalu banyak merokok, banyak menyantap makanan yang diasinkan dan kurang mengkonsumsi sayuran dan buah.
Perbanyak konsumsi sayuran dan buah segar, rajin minum teh hijau, kurangi konsumsi garam.
Kanker payudara
Terlalu banyak mengkon-sumsi makanan tinggi kalori, alkohol, dan daging yang diasap.
Perbanyak mengkon-sumsi sayuran dan buah segar khususnya yang berwarna hijau dan kuning.
Kanker kandung kemih
Terlalu banyak mengkon-sumsi alkohol, pemanis buatan, dan merokok.
Perbanyak mengkon-sumsi sayuran dan buah segar khususnya yang berwarna hijau dan kuning.
Kanker prostat
Terlalu banyak meng-konsumsi makanan berlemak, terutama lemak jenuh dari daging.
Perbanyak mengkon-sumsi sayuran dan buah segar khususnya yang berwarna hijau dan kuning.
Kanker hati
Diakibatkan oleh infeksi hepatitis B atau aflatoxin, terlalu banyak minum minuman beralkohol.
Menghindari makanan yang mengandung aflatoxin, mis: kacang tanah yang telah berjamur dan hasil olahannya, keju yang kadaluarsa, batasi konsumsi makanan berprotein tinggi dan garam.
Kanker tenggorokan (esofagus)
Tingginya konsumsi alkohol dan makanan yang diawetkan. Kebiasaan merokok.
Hindari makanan berpotensial penyebab kanker dan perbanyak konsumsi buah dan sayur.
Kanker mulut rahim (servic)
Rendahnya konsumsi sayuran dan buah. 
Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat yang terdapat pada sayuran hijau, biji-bijian, kacang polong dan buncis.
lebih jelas baca di : http://www.chem-is-try.org


Tidak ada komentar:

SIAPA PELATIH SRIWIJAYA FC ?